Sunday 8 March 2015

Mengapa Wanita Suka Membicarakan Berbagai Masalah? (Seri Memahami Wanita Part II)


mengapa wanita suka bicara
Ilustration source: www.askdrloveblog.com


Rata-rata wanita hidup lebih lama tujuh tahun dibandingkan pria,terutama karena kemampuan yang lebih baik untuk mengatasi stres. Waktu seorang pria ingin melupakan tentang hari yang penuh stres, dia dapat melakukan hal itu dengan memikirkan atau melakukan sesuatu yang lain. Otaknya yang berjalur tunggal memungkinkannya untuk berkonsentrasi pada berita, televisi, menyiram kebun, menjelajah diInternet atau membuat konstruksi model kapal, guna menyingkirkan problematika yang sedang menggeluti pikirannya.

Dengan berkonsentrasi pada satu hal pada suatu saat daripada masalahnya, dia dapat melupakannya. Seorang pria yang sedang mengalami stres yang tidak menyibukkan dirinya dengan kegiatan lain akan berhenti bicara dan duduk sendirian di kursi goyangnya sambil berusaha menemukan solusi atas masalahnya. Bahayanya adalah bahwa stresnya terinternalisasi dan bisa menghasilkan kondisi stres seperti diare, sembelit, sariawan di lambung atau serangan jantung—semoga saja semua itu tidak terjadi secara bersamaan.

Para wanita mengatasi stres mereka dengan membicarakan masalah-masalah mereka berulang kali, bolak-balik dan dari setiap sudut, tanpa mencapai kesimpulan apa pun. Dengan membicarakan masalah-masalah itu, maka mereka punya sarana untuk melepaskan stres yang sedang mereka alami. Jika seorang pria berbicara seperti itu pula, maka para pria lain akan berasumsi bahwa dirinya tidak mampu dan sedang meminta solusi … yang mana tentu saja akan mereka tawarkan dengan segala senang hati.

Studi Kasus:
Betty, Steve, Dan Pertengkaran Tengah Malam
Ketika Betty dan Steve pertama kali hidup bersama, mereka sering cekcok. Berulangkali, percekcokan itu secara dramatis akan berlanjut hingga tengah malam. Masalahnya adalah bahwa Betty telah dibesarkan dengan keyakinan bahwa sepasang insan hendaknya tidak tidur dalam keadaan bertengkar. Mereka hendaknya berciuman dan berdandan sebelum naik ke atas ranjang. Maka dia pun akan membicarakan terus dan terus tentang masalah yang selama ini mereka pertengkarkan—hingga memicu munculnya pertengkaran lain. Steve tak sanggup mengatasinya. Dia lebih suka bertengkar, pergi tidur dan melupakannya. Betty ingin mengurangi tingkat stresnya dan ingin sekali agar mereka berdua mencapai suatu keputusan yang sama-sama memuaskan; Steve merasa mereka terus-menerus berputar-putar pada hal yang sama. Dia sama sekali tak bisa membicarakan masalah ini untuk mencari jalan keluarnya lagi pada akhir hari itu dan berpuas diri membiarkan ketidaksepakatan mereka tetap ada.

Aku dan suamiku memutuskan untuk tidak pergi tidur hingga kami menyelesaikan suatu pertengkaran. Suatu malam kami tetap terjaga selama enam bulan (PHYLLIS DILLER). Merupakan misteri bagi para pria mengapa para wanita suka berbicara dalam percekcokan, terutama pada waktu tengah malam. Otak wanita, bagaimanapun, adalah sebuah komputer komunikasi yang berbasis proses. Wanita suka berbicara tentang setiap aspek dari tindakan-tindakan dan perasaan-perasaan mereka. Pria lebih cenderung menarik diri dari prospek seperti itu. Pria lebih suka bertengkar, dan kemudian melupakannya untuk memikirkan sesuatu yang lain. Ada dua teori untuk bertengkar dengan wanita. Tak satu pun berhasil (RODNEY DANGERFIELD). Para wanita ingin membuat kedamaian dan melunturkan ketidaksepakatan apa pun. Mereka yakin bahwa dengan bicara dapat membuat setiap orang merasa lebih baik. Pria punya keyakinan bahwa bicara biasanya dapat membuat keadaan jadi jauh lebih buruk.

Solusi
Ketika seorang wanita sedang membicarakan sebuah masalah dan mungkin tampaknya tidak masuk akal, ingatlah bahwa dia perlu melewati proses bicara tersebut agar supaya dirinya merasa lebih baik. Dengarkanlah dengan rasa sayang dan beritahu kepadanya bahwa Anda selalu ada untuk mendengarkan tatkala dia memerlukan diri Anda. Ini jauh lebih mudah daripada berusaha untuk membetulkan masalah-masalah yang tidak ada dan ini membuat Anda mendapatkan banyak poin.

Hal-hal yang oleh wanita diinginkan agar para pria mengetahuinya, Nomor 105: Apa pun yang dikatakan oleh seorang wanita enam atau delapan bulan yang lalu tidak dapat diterima dalam pertengkaran yang sedang berlangsung sekarang. Bila Anda tak dapat segera menanggapi, mintalah dengan halus kepada seorang wanita apakah dia dapat meninggalkan pokok pembicaraan itu dan membahasnya lagi lain kali diwaktu suhunya sudah turun untuk sebuah pertengkaran.

Katakanlah, “Maaf, sayang, tapi aku tak memikirkan masalah ini sekarang. Bisakah kita bicarakan itu besok saja /pada akhir pekan / pekan depan, ketika aku sudah punya kesempatan untuk memikirkannya?” Pendekatan ini cenderung jauh lebih berhasil dibandingkan tidak mengatakan apa pun dan berharap sang wanita akan kehabisan kata-kata.
Mustahil...

Like/Share bila dirasakan bermanfaat

No comments:

Post a Comment